Home » Uncategorized » Satu Hari di Bulan Februari

Satu Hari di Bulan Februari

Di kelas Penulisan Naskah Digital, saya bereksperimen mengajak mahasiswa membuat creative writing dalam bentuk cerita pendek. Saya minta tiga mahasiswa memilih tiga kata secara bebas. Keluar kata: makan, pakaian, enak.

Saya memanfaatkan Google Docs dan meminta mahasiswa menulis sebuah cerita secara kolaboratif-berantai dengan clue tiga kata tersebut. Masing-masing bisa menuliskan satu hingga lima kalimat. Setelah satu orang selesai, kemudian teman lain melanjutkan sampai semua mendapat bagian.

Raras, mahasiswa terakhyang mendapat giliran terakhir saya minta membuat penutup sekaligus meminta mengedit. Oh, ya. Untuk judul saya minta beberapa orang mengajukan judul dan dipilih secara voting. Judul yang dipilih adalah: Satu Hari di Bulan Februari. Kebetulan ini judul yang diusulkan Raras.

Inilah hasil kerja kolaborasi mereka.

Satu Hari di Bulan Februari (Edited)

Satu Hari di Bulan Februari (Asli)

 


Leave a comment

Your browser does not support the audio element.